Label

Minggu, 03 Juli 2011

Lafarge jajaki pembangunan pabrik semen di Jatim

Industri

Selasa, 07 Juni 2011
JAKARTA. Perusahaan investasi asal Prancis, Lafarge berniat melakukan ekspansi pabrik ke Pulau Jawa. Saat ini mereka tengah menjajaki pembangunan pabrik semen di Jawa Timur (Jatim).

Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengatakan, Lafarge sudah menyampaikan rencananya untuk membangun pabrik baru selain di Aceh. "Tapi saya ingatkan risikonya besar karena di Jawa persaingannya sangat ketat," kata Hidayat usai membuka pameran keramik, kaca dan bahan bangunan, Selasa (7/6).

Selain ketatnya persaingan, Kementerian Perindustrian berharap Lafarge membangun pabriknya di luar Jawa sesuai dengan program pemerintah dalam pengembangan industri. Namun sayang, Hidayat belum bisa menyebutkan berapa kapasitas pabrik yang akan dibangun dan nilai investasinya.

Sekadar catatan, Lafarge, telah selesai membangun kembali pabrik mereka yang hancur akibat tsunami di Lhok Nga, Aceh dan mulai sudah mulai beroperasi pada bulan Maret 2011. Pabrik itu berkapasitas 1,6 juta ton per tahun dengan dana investasi US$ 300 juta.
Selain di Aceh, Lafarge salah satu perusahaan semen terbesar di dunia ini merencanakan membangun pabrik semen di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar