Label

Minggu, 03 Juli 2011

Tiga sektor industri nikmati tax holiday

Nasional


Kamis, 23 Juni 2011

dibaca sebanyak 351 kali
0 Komentar
JAKARTA. Para pengusaha yang hendak menanamkan modal namun masih menanti insentif tax holiday boleh bersorak. Agustus 2011 nanti, pemerintah akan menerbitkan beleid yang mengatur soal pembebasan pajak dalam jangka waktu tertentu.
Sebagai bocoran awal, sudah ada tiga sektor industri yang bakal mendapat bonus pembebasan pajak. Yakni, industri logam dasar (besi baja), kilang minyak, dan gasifikasi batubara. "Pertimbangannya karena industri itu sesuai kriteria mendapatkan tax holiday," kata Direktur Deregulasi
Badan Penanaman Modal (BKPM) Indra Darmawan, Rabu (22/6). Adapun kriteria itu, antara lain, menanamkan modal di industri baru, industri pionir, mengenalkan teknologi baru, dan memiliki nilai strategis bagi perekonomian.
Indra bilang, pemerintah masih membahas sektor lain yang bisa menikmati fasilitas empuk ini. Misal, industri yang mengelola energi terbaharukan. Cuma, perdebatan masih alot di pemerintahan.
Ia mengisahkan, pekan lalu sebenarnya pemerintah sudah hampir kelar membahas sektor penerima tax holiday. "Di menit-menit terakhir, ada keberpihakan pada sektor geotermal. Sektor ini ada di dalam draf yang lama," ujarnya.
Yang sudah pasti, industri penerima tax holiday takkan mendapat keringanan pajak berupa tax allowance. Sedangkan masa berlaku tax holiday, pembicaraan terakhir di Kementerian Keuangan sepakat insentif diberikan selama lima tahun, lalu bisa diperpanjang tiga tahun lagi. Semua aturan baru ini akan masuk dalam peraturan menteri keuangan (PMK). PMK itu turunan dari Peraturan Pemerintah No. 94 Tahun 2010 tentang Penghitungan Penghasilan Tidak Kena Pajak dan Pelunasan Pajak Penghasilan dalam Tahun Berjalan.
Staf Khusus Kepala BKPM Silmy Karim menambahkan, hingga saat ini memang terdapat pro kontra soal tax holiday di dunia. Bank Dunia,
G-8, dan G-20 cenderung tak menyetujui. "Tapi banyak negara yang diam-diam memberikan," katanya. Namun, pemerintah lebih memilih membuat aturan hukum yang jelas soal insentif tax holiday.
Yang jelas, terkabulnya tax holiday bagi tiga sektor yang sudah diungkap tadi harusnya bisa memuluskan sejumlah investasi asing. Misalnya, Posco dari Korea yang akan membangun kilang minyak di Balongan Indramayu, Jawa Barat, bersama Pertamina.
Selain tax holiday, saat ini pemerintah sedang merevisi peraturan mengenai tax allowance pada PP No 62 Tahun 2008. PP ini mengatur keringanan pajak sekitar 30% selama 6 tahun.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar