Label

Senin, 26 Desember 2011

Kondisi global tak menentu, Chandra Asri tahan ekspansi

ANCAMAN KRISIS GLOBAL
Kondisi global tak menentu, Chandra Asri tahan ekspansi
JAKARTA. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk memilih menahan ekspansi kapasitas produksi pabrik polyethylene dan pengolahan nafta. Mereka khawatir kondisi pasar tiba-tiba terpuruk terimbas krisis Uni Eropa.

Corporate Secretary and Investor Relation Director PT Chandra Asri Petrochemical Tbk., Suryandi mengaku, peningkatan kapasitas akan ditunda pelaksanaannya hingga tahun depan sampai ada kepastian iklim pasar yang kondusif. "Kita tunggu hingga kuartal II 2012 untuk menetapkan langkah selanjutnya," ujar Suryadi.

Pertumbuhan industri di pasar domestik memang belum bermasalah. Porsi pemasaran hasil produksi anak perusahaan PT Barito Pacific Tbk itu sekitar 70% dialokasikan untuk melayani pasar dalam negeri, sedangkan sisanya untuk pasar ekspor.

Hal itu merupakan sinyal positif untuk perkembangan industri petrokimia yang tahun ini tumbuh sekitar 6%-6,5%. Namun, perusahaan itu memilih untuk berhati-hati melaksanakan rencana karena merupakan proyek jangka panjang.

Makanya, lanjut dia, perusahaan akan berniat fokus dulu pada pembangunan pabrik butadiene senilai US$ 150 juta. Proyek itu ditargetkan rampung pada medio 2013 dengan kapasitas 100.000 ton.

Proyek butadiene itu diusulkan untuk mendapat pembebasan atau pengurangan pembayaran pajak dalam waktu tertentu (tax holiday). Pengajuan itu akan dilakukan melalui anak perusahaannya PT Petrokimia Butadiene Indonesia.

Corporate Secretary PT Chandra Asri Tbk, Suhatmiyarso, mengutarakan, pengajuan tax holiday itu tengah dipersiapkan oleh tim perusahaannya. Mereka akan mendapatkan rekomendasi tax holiday dari Kementerian Perindustrian kepada Kementerian Keuangan, apabila lolos evaluasi Kementerian Perindustrian dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Terkait hal itu, Dirjen Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto, mengutarakan, sektor petrokimia merupakan industri yang mendapat prioritas untuk mengantongi tax holiday. Meskipun pembangunan pabrik petrokimia itu direalisasikan di Pulau Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar